kauselaludihatiku

apa yang terkirim dari-Nya; orang-orang terbaik dan tercinta, yang mengkhianati, jalan hidup, saat-saat sulit, kebahagiaan, dan semua yang menghampiri dalam hidupku, hingga ke hal-hal yang remah, adalah nikmat untuk dikenang, diresapi, dihayati, dan ditangkap moment-moment puitiknya; untuk disimpan dalam hati. untuk segala itu; kauselaludihatiku.

My Photo
Name:

lelaki, majalengka-tiga dekade silam, jakarta.

Saturday, July 16, 2005

yang terhormat

kemarin, nyaris tengah malam, iseng nonton live talkshow di sebuah tv swasta tentang rencana kenaikan gaji dan tunjangan anggota dewan yang terhormat. amboi, fantastis juga ternyata (kalo jadi) angka kenaikannya.

aku jadi teringat banyak hal, juga banyak orang yang nota bene diwakili anggota dewan yang terhormat itu. pertama yang teringat, adalah tulang-tulang iga yang menyembul dari dada bayi-bayi yang terkena busung lapar, kemudian para tkw yang ternistakan jauh di luar negeri sana, kemudian berkelebat pula bayangan para guru-polisi-tentara-perawat-penjaga lintasan kereta-atau hansip yang tetap menunjukkan dedikasi terbaiknya meski gaji mereka jauh dibawah anggota dewan sekarang (apalagi jika gaji anggota dewan itu jadi naik). teringat pula daerah kering kerontang di gunung kidul, wonogiri, pacitan, grobogan, dan banyak daerah lainnya yang lebih membutuhkan bantuan. lalu terlintas gambaran suram para pengangguran, ancaman putus sekolah, biaya pendidikan yang tak lagi masuk akal, bbm langka, atau para koruptor yang selalu saja bisa terbebas dari jerat hukum. berikutnya, menyusul terbayang pedagang kaki lima dipukuli aparat, pemulung menggendong mayat anaknya, sesak dan hiruk penumpang krl yang akhirnya betabrakan dan memakan banyak korban jiwa. lalu untuk 'prestasi' itu semuakah gaji anggota dewan harus naik sekarang juga?

rasanya, belum banyak yang bisa diperbuat bapak/ibu penghuni gedung parlemen yang terhormat itu. dan rasanya pula, sungguh, mereka tak mewakili siapa pun di negeri ini. kecuali diri mereka sendiri.

terlebih pada saat mereka meminta naik gaji !

----

(jadi teringat kata-kata shishio makoto, musuh besar kenshin 'battoshai' himura dalam animasi 'samurai-x' : "...untuk menjadi orang orang besar, kau harus merasa bahwa kepentinganmu selalu berada di atas kepentingan orang lain !"...)

1 Comments:

Blogger vi3 said...

met gabung di Blogfam.. account sudah diaktifkan.. silakan memperkenalkan diri di ruang perkenalan. makasih...

12:35 PM  

Post a Comment

<< Home